PELAJARAN AGAMA



SOAL LATIHAN AGAMA KATOLIK SMA

PERTANYAAN KELAS X

  1. Buktikan bahwa manusia memang ciptaan Allah yang istimewa dan unik, suatu karya seni, suatu master piece dari Allah yang luar biasa !
  2. Berdasarkan Kitab Kejadian 1:26-31 tentang penciptaan manusia, jelaskan hal-hal mendasar tentang manusia sebagai Citra Allah!
  3. De fakto kita memiliki keadaan seperti yang sekarang dengan segala kemampuan, sifat dan bakat. Jelaskan beberapa pendapat mengenai terjadinya keadaan diri kita !
  4. Kita kadangkala tidak mengetahui potensi-potensi yang ada di dalam diri kita, tetapi di lain pihak kita juga sulit menerima keterbatasan- keterbatasan kita. Jelaskan bagaimana sikap kita terhadap potensi dan keterbatasan tersebut !
  5. Dalam Injil Matius 25:14-30 terdapat perumpamaan tentang talenta. Ceritakan kembali dengan kata-kata Anda sendiri kisah tersebut !
  6. Berdasarkan kisah tentang talenta tersebut di atas, bagaimana sikap terhadap telenta yang anda miliki !
  7. Jelaskan dengan singkat bagaimana kisah penciptaan manusia menurut Kitab Suci !
  8. Manusia diciptakan sesuai dengan citra Allah sehingga diberi kemampuan yang mirip dengan Allah, jelaskan kemampuan-kemampuan tersebut!

PERTANYAAN KELAS XI

  1. Pandangan Gereja sebagai umat Allah membawa gagasan baru. Jelaskan gagasan baru tersebut!
  2. Gereja diartikan dengan umat Allah sesuai dengan Konsili Vatikan II. Sebutkan tiga ciri khas Gereja sebagai umat Allah tersebut !
  3. Kita sebagai masing-masing pribadi dipanggil untuk terlibat aktif dalam kehidupan umat Allah atau bisa dikatakan kita harus mengumat. Sebutkan dasar dari Gereja yang mengumat !
  4. Selain itu, bila Gereja sungguh mengumat, maka harus ada konsekwensi bagi Gereja baik bagi pimpinan Gereja, umat dan hubungan keduanya. Sebutkan konsekwensi  Gereja sebagai umat Allah bagi hubungan awam dan hirarki !
  5. Persekutuan Gereja mempunyai dua model Gereja yaitu piramidal dan comunio/kolegial. Sebutkan ciri khas dari kedua model tersebut !
  6. Gereja sebagai persekutuan umat bersifat terbuka, untuk itu perlu ada cara-cara yang dilakukan Gereja dalam menunjukkan keterbukaannya. Jelaskan cara-cara tersebut !
  7. Gereja dalam persekutuan umat mempunyai anggota untuk membangun Kerajaan Allah di bumi yang terdiri dari hirarki, biarawan/wati, dan kaum awam. Apa fungsi hirarki dalam Gereja!
  8. Sebut dan jelaskan struktur kepemimpinan Gereja sekarang !
 PERTANYAAN KELAS XII

  1. Berilah contoh ketidakdilan yang terjadi di masyarakat dan jelaskan akar masalah dari ketidakadilan tersebut ?
  2. Jelaskan bagaimana Kitab Suci mengajarkan tentang ketidakadilan sebagaimana diajarkan oleh Nabi Amos ?
  3. Jelaskan bentuk-bentuk kebohongan ?
  4. Jelaskan arti dan makna kejujuran ?
  5. Bagaiamna Mahatman Gandhi mengajarkan tentang perdamaian ?
  6. Jelaskanmanfaattanahbagimanusia ?
  7. TuliskanSepuluhPerintah Allah denganlengkapdanurut?



Tidak ada komentar: